3 Ciri-Ciri Batu Marmer dan Jenisnya Perlu di ketahui

Mar 18, 2022 Tips

Salah satu jenis batu yang ada di bumi ini adalah batu marmer. Batuan ini merupakan salah satu jenis batuan metamorfosa, dimana proses terbentuknya batu ini diakibatkan oleh proses metamorfosis. Ciri-ciri batu marmer pun juga cukup banyak namun Anda bisa menggunakannya pada berbagai fungsi. 

Ciri-Ciri Batu Marmer

Batu marmer memiliki corak dan pola tertentu yang mempunyai berbagai warna saling berkombinasi. Hal ini membuatnya tampak begitu indah dan cocok digunakan sebagai bahan untuk dekorasi bangunan. Selain itu juga dikarenakan memiliki sifat tahan lama dan mudah dipahat. 

Sebagai batu alami berjenis metamorf, batuan ini memiliki struktur batu yang kompak. Hal ini dikarenakan adanya gugusan kristal dalam batu marmer dimana tersusun relatif sama sehingga menghasilkan tekstur halus hingga agak kasar pada setiap permukaannya. 

Pada umumnya, marmer tersusun atas mineral kalsit dan minor lainnya seperti klorit, mika dan kuarsa. Sementara kandungan silikat lainnya adalah hematit, grafit dan limorit. Selama proses terbentuknya, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti porositas, kekuatan terhadap cuaca dan kekuatan regangan. 

Jenis-Jenis Batu Marmer untuk Hiasan Rumah

Fungsi utama dari batu marmer memang sering digunakan sebagai hiasan rumah. Ada beberapa jenis yang kerap dipakai oleh orang-orang. Anda pun bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan ketika menggunakan Jasa Poles Marmer. Jadi tidak perlu bingung ketika hendak menentukannya. 

1. Batu Marmer Onyx

Marmer satu ini memang memiliki tampilan hampir serupa seperti batu onyx namun karakteristiknya sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan onyx terdiri atas susunan beberapa mineral silica halus, chalcedony, cryptocrystalline dan juga moganite. 

Semua kandungan di dalam batu marmer akan membentuk lapisan transparan dengan warna sangat variatif. Tidak heran jika jenis satu ini sangat banyak penggemarnya hingga saat ini terutama kalangan para arsitek dan desainer interior. 

2. Batu Marmer Architectural

Keunggulan dari jenis ini adalah tekstur dan pola sangat beraneka ragam. Selain itu, batu marmer architectural memiliki daya tahan sangat kuat apabila dibandingkan dengan marmer lainnya. Jadi cocok digunakan pada bagian eksterior 

Tidak hanya kokoh saja selama bertahun-tahun, namun jenis batu marmer Architectural sangat cocok untuk diaplikasikan pada lantai rumah. Tentu saja tampilannya sangat elegan dengan pemakaian architectural motif marble. 

3. Batu Marmer Shell

Jenis batu ini tergolong sebagai batu marmer paling mahal karena tampilannya sangat unik dan langka ditemui. Shell Marble ini terbentuk akibat adanya fosil makhluk hidup hingga membentuk lapisan batu artistic. 

Keunikan batu marmer ini membuatnya sering dijadikan sebagai titik fokus pada suatu ruangan terlihat lebih istimewa dan menarik. Gunakan jenis batu satu ini untuk memberikan kesan unik dan elegan hanya dari motifnya. 

Itulah tadi ulasan mengenai Ciri-ciri batu marmer yang perlu Anda pahami jika ingin membelinya. Tentu ada banyak pertimbangan selain mengenali karakteristiknya saja. Ketahui perbedaan harganya karena tiap merk akan menawarkan harga berbeda.