Penyebab Berak Darah pada Kucing dan Obatnya!

Nov 4, 2021 Tips
Penyebab Berak Darah pada Kucing dan Obatnya!

Penyebab berak darah pada kucing dan obatnya perlu diketahui para pemilik anabul. Pasalnya, ini jadi penyakit yang cukup serius dan butuh penanganan ekstra. Namun, Anda tidak perlu khawatir soal hal tersebut karena tetap bisa diobati.

Di situs kucingku.id di jelaskan bahwa berak kucing bisa tidak normal apabila mengalami masalah dengan lambungnya, ulasan lebih lengkap sebagai berikut:

Penyebab Berak Darah pada Kucing dan Obatnya

Pendarahan pada sistem saluran pencernaan anabul mengakibatkan darah muncul pada pup kucing. sistem pencernaan tersebut meliputi lambung dan usus kecil. Pendarahan juga bisa terjadi akibat saluran kemih kucing mengalami infeksi. Selain itu, ada beberapa penyebab lain diantaranya:

Penyebab Berak Darah pada Kucing dan Obatnya!

Diare dan Sembelit

Diare adalah penyakit yang sering dialami oleh kucing. Jika tidak segera diatasi, maka mengakibatkan iritasi pada sistem pencernaan bagian bawah. Iritasi yang parah akan membuat pencernaan kucing mengalami pendarahan. Sehingga membuat pup kucing disertai darah.

Tidak hanya diare yang bisa membuat kucing mengalami pup berdarah, namun juga sembelit. Penyakit ini akan membuat kucing membutuhkan tenaga lebih untuk mengeluarkan feses. Ini akan membuat pembuluh darah saluran pencernaan kucing pecah.

Penyakit pada Sistem Pencernaan

Penyakit pada daerah lambung dan usus halus akan mengakibatkan darah pada kotoran kucing, diantaranya infeksi parvovirus, kanker perut dan usus, ulkus lambung dan adanya benda asing yang masuk dalam perut.

Selain itu, penyakit pada usus besar jika akan menimbulkan pendarahan, sehingga kotoran akan keluar disertai darah. Penyakit tersebut terjadi karena adanya pertumbuhan parasit seperti cacing cambuk, cacing tamban ataupun radang usus besar.

Obat untuk Kucing yang Pup Darah

Pup darah pada kucing, bisa saja jadi tanda bahwa ada penyakit serius lainnya. Pastikan bahwa kotoran berdarah tidak lebih dari tiga hari secara berturut-turut. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda harus membawa anabul ke klinik atau dokter hewan.

Dokter akan melakukan diagnosis terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab terjadinya berak darah pada kucing. Setelah tahu penyebabnya, maka dokter akan memberikan resep obat yang harus dibeli dan dikonsumsi rutin oleh kucing.

Umumnya, obat tersebut berupa prokinetik, antibiotic atau jenis penghilang rasa sakit. Kucing yang mengalami pup darah juga bisa diberikan obat cacing apabila tidak dibawa ke dokter. Namun untuk mengetahui pastinya, Anda harus memboyongnya ke dokter hewan untuk penanganan terbaik.

Penyebab berak darah pada kucing dan obatnya secara pasti hanya bisa ditentukan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan. Terlebih jika kucing mengalami pup darah dalam kurun waktu lebih dari tiga hari.